top of page
Search

Pemanfaatan Pompa Hidram Untuk Pengairan Lahan Pertanian Sebagai Pembelajaran Siswa

Air merupakan suatu hal yang sangat penting bagi tanaman, dimana fungsi air bagi tanaman yaitu pengisi cairan tubuh tanaman, Pelarut unsur hara yang terdapat di dalam tanah, Membantu penyerapan unsur hara (makanan) dari dalam tanah oleh akar tanaman, Mengangkut unsur hara ke seluruh organ tanaman, membantu memperlancar metabolisme terutama pada proses fotosintesis lalu mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tanaman, Melancarkan aerasi udara dan suplai oksigen dalam tanah.


Lahan pertanian yang mengalami kekurangan air akan menyebabkan aerasi udara dalam tanah menjadi terganggu dan suplai oksigen dalam tanah tidak lancar. Jika hal initerjadi, fungsi dan pertumbuhan akar sebagai bagian tanaman yang penting akan berhenti. Akibatnya, pertumbuhan seluruh bagian tanaman akan berhenti sehingga perkembangan menjadi tertunda, mutu dan produksi akan merosot, serta akar tanaman menjadi rentan terhadap serangan penyakit yang akan membawa kematian bagi tanaman dalam waktu yang singkat. Ada kendala yang dihadapi petani berkaitan dengan air yang digunakan untuk lahan pertanian, misalnya biaya untuk operasional pengairan yang cukup tinggi karena harus menggunakan pompa mesin bensin/Listrik. Dari kendala yang dihadapi oleh petani tersebut, maka dibuatlah pompa air tapa listrik (Hidram) dengan memanfaatkan aliran air yang berada di sungai. Sisitem pompa air tanpa listrik (Hidram) juga sebagai edukasi bagi para siswa sekolah pertanian dalam pemanfaatan aliaran sungai pemenuhan kebutuhan air untuk lahan pertanian.


Untuk menanggulangi masalah penyediaan air baik untuk kehidupan maupun untuk kegiatan pertanian, maka penggunaan pompa Hidraulik Ram Automatik yang sangat sederhana, baik dalam pembuatannya dan juga dalam pemeliharaannya, mempunyai prospek yang baik. Pompa hidraulik ram bekerja tanpa menggunakan bahan bakar atau tambahan energi dari luar. Pompa ini memanfaatkan tenaga aliran air yang jatuh dari tempat suatu sumber dan sebagian dari air itu dipompakan ke tempat yang lebih tinggi.

Pada berbagai situasi, penggunaan pompa hidraulik ram memiliki keuntungan dibandingkan penggunaan jenis pompa air lainnya, yaitu: tidak membutuhkan bahan bakar atau tambahan tenaga dari sumber lain, tidak membutuhkan pelumasan, bentuknya sederhana, biaya pembuatannya serta pemeliharaannya murah dan tidak membutuhkan keterampilan teknik tinggi untuk membuatnya. Pompa ini bekerja dua puluh empat jam per hari.


Pengembang :

1. Yan Yan Restiyan SP

2.Ade Nurdin ST

3.Casidin S.P


149 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page