top of page
Search

Pelepasan Taruna/i dan Guru dalam rangka Kunjungan Belajar ke Belanda Kompetensi Keahlian ATPH


Sekolah Menengah Negeri 2 Subang adalah salah satu dari dua SMK yang saat ini tengah menjalani Program Revitalisasi SMK Pertanian di Indonesia. Program ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Belanda. Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan proses pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.


Salah satu aktivitas yang dikembangkan untuk mencapai tujuan program ini adalah diselenggarakannya Kunjungan Belajar ke Belanda bagi taruna/i dan guru pertanian. Dari SMK Negeri 2 Subang, kegiatan ini akan diikuti oleh 1 orang guru, yaitu Betta Yuliana dan 4 orang taruna/i yaitu Fadhilah Dzikri Galang Ismail, Ligar Muhamad Nidal, Stefani, dan Ratna Komala.

Kunjungan belajar ini dirancang untuk memberikan pengalaman dan perspektif pembelajaran yang baru dan segar bagi guru dan taruna/i. Diharapkan baik guru maupun siswa yang akan menjalani kunjungan belajar ini dapat membawa wawasan positif ke dalam praktik pembelajaran mereka di sekolah.


Dalam rangkaian kunjungan belajar tersebut, para taruna/i dan guru akan mengikuti berbagai kunjungan dan sesi pembelajaran bersama HAS University, antara lain terkait fasilitas pemrosesan makanan, greenhouse, serta garden & vertical farming facility. Para taruna/i dan guru juga akan memperoleh wawasan bagaimana sektor industri di Belanda terlibat dalam upaya mengembangkan green education. Selain studi terkait terkait sektor pertanian, direncanakan para taruna/i dan guru juga akan mengunjungi beberapa museum di Belanda.


Diharapkan kunjungan belajar ini akan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, minat dan kecintaan siswa terhadap pertanian serta menjadi motivator bagi taruna/i lainnya untuk bisa meraih kesempatan serupa.




158 views0 comments
bottom of page