top of page
Search

Tak Ingin Generasi Mudanya Jadi Penonton. Kades Kerjasama Dengan SMKN 2 Subang



REPOST : GALAMEDIA


Tiga kepala desa (Kades) di wilayah Kecamatan Cipeundeuy, Subang berusaha keras untuk mengangkat dan memperkuat generasi mudanya dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Terutama untuk menghadapi kawasan industri yang sedang dalam perencanaan.


“Sekarang saja sudah banyak bermunculan industri dan waktu dekat berdiri kawasan industri. Untuk itu kami sengaja mendatangi dan bekerjasama dengan sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN 2) Subang dalam penguatan SDM warga menyongsong jadi desa industri,“ kata Kades Wantilan, Komarudin kepada wartawan usai menandatangani kerjasama di SMKN2 Subang, Selasa 16 Maret 2021.


Dirinya merasa prihatin setiap berdiri pabrik atau perusahaan di wilayah kecamatan, terutama di Wantilan yang bisa bekerja kebanyakan dari luar daerah. Untuk itulah, Komar tidak ingin warganya terutama generasi mudanya menjadi penonton.


“Jadi dalam kerjasama ini yang dititikberatkan pada SDM, bukan hanya untuk usia produktif, tapi usia di atas itu yang terdampak langsung terlebih bagi yang bermata pencaharian petani,“ jelasnya.


Dengan demikian nantinya, warga lokal mempunyai kompetensi dan mampu memanfaatkan secara maksimal peluang usaha yang ada di kawasan industri. Minimal setelah terjadi alih fungsi lahan ada keterampilan husus, di luar pendidikan formal. Mengingat sumber daya dari SMKN 2 sudah teruji dan banyak lulusan yang sudah berhasil.


Kepala SMKN 2 Subang, Ramlis S.TP M.Si menyambut baik inisiatif kepala desa Wantilan dan tentunya mendorong pihaknya lebih baik lagi dalam memberikan skill di internal dan juga ke luar.


“Tentunya kita turunkan beberapa tenaga yang berkompeten untuk melakukan pelatihan, terutama untuk masyarakat pertanian. Mengingat, banyak lahan pertanian yang bakal alih fungsi jadi indutrialisasi,“ ungkapnya.

20 views0 comments
bottom of page