LATDASTAR Upaya Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila


Kegiatan Latihan Dasar Ketarunaan (LATDASTAR) bertujuan untuk membentuk calon Taruna/Taruni yang jujur, sehat, kuat, disiplin dan berbudaya, dan siap menghadapi tantangan dunia kerja. Sehingga mampu menjaga harkat martabat, serta jati diri pribadi, keluarga dan sekolah.

Kegiatan Latdastar, menurut Wakil Kepala SMKN 2 Subang Bidang Ketarunaan, Deden, S.St.Pi., untuk angkatan ke XX ini dilaksanakan cukup singkat, hanya 15 hari dari angkatan sebelumnya selama tiga bulan.

Hal ini, jelas Deden, dikarena kondisi pandemi Covid - 19, namun tidak mengurangi nilai-nilai penerapan sistem ketarunaan sebagai perwujudan pendidikan karakter yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila dan Jabar Masagi dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul, memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Kegiatan LATDASTAR sudah terlaksana enam ciri utama dalam upaya menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila, di antaranya beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, serta berahklak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” ujar Deden.


Selama mengikuti kegiatan LATDASTAR, jelas Deden, para calon Taruna yang berjumlah 654 orang dibekali materi wawasan Wiyatamandala SMKN 2 Subang, sosial, kemasyarakatan, dan keagamaan, pengembangan diri, ekstrakurikuler, kedisplinan, sikap, fisik dan kesampataan, implementasi kurikulum berbasis industri, serta dimensi Profil Pelajar Pancasila

Deden mengungkapkan, setelah menyelesaikan masa Latdastar para calon Taruna harus mengikuti kegiatan Sidang Korp Taruna sebagai bentuk sidang keputusan, apakah mereka dinyatakan lulus atau tidaknya.

Jika sudah dinyatakan lulus LATDASTAR maka calon Taruna dilatik menjadi Taruna SMKN 2 Subang, diharapkan para Taruna mampu menerapkan Janji Taruna dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah, bagaimana cara piker, berucap, bersikap dan bertindak sesuai dengan cerminan seorang Taruna yang berkepribadian, bertanggungjawab dan berjiwa kepemimpinan.

Pembinaan karakter dengan system ketarunaan tidak hanya berhenti sampai kegiatan LATDASTAR saja, namun pembinaan karakter ini tetap berlanjut melalui kegiatan upacara bendera di hari Senin, appal pagi/sore, keagamaan, ekstrakurikuler, reorientasi, literasi dll. Kegiatan tersebut dilaksanakan sampai Taruna dinyatakan lulus dari SMKN 2 Subang.***

10 views0 comments