top of page
Search

Triple Helix Forum

Updated: Oct 10, 2018



Pertemuan antara sekolah, industri, dan pemerintah untuk memperluas kerja sama antara sekolah dan industri dalam program revitalisasi SMK pertanian. Kegiatan ini sekaligus merumuskan 12 action plan yang akan dilakukan oleh sekolah, seperti sosialisasi program pengembangan model revitalisasi SMK bidang pertanian, sinkronisasi kurikulum dengan kebutuhan industri, peningkatan kompetensi guru, serta production-based learning.


Model Triple Helix merupakan model yang menekankan peran dan hubungan yang dekat antara pemerintah, industri, dan SMK. Pada model ini, inisiatif dari dunia akademik mendapat dukungan dari pemerintah dengan melibatkan dunia usaha dalam mengembangkan inovasi. Selanjutnya, peran sekolah dan industri diharapkan akan semakin kuat seiring dengan berkurangnya peran pemerintah. Sehingga diharapkan sekolah dan industri dapat berjalan beriringan dalam mengatasi permasalahan yang ada.


Melalui forum ini, ketiga pihak telah merumuskan rencana kegiatan untuk diimplementasikan dalam program revitalisasi SMK pertanian. Bersama dengan SMK Negeri 5 Jember, SMK Negeri 2 Subang merupakan sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah model pertanian dalam tahap awal program ini hingga 2021.

44 views0 comments
bottom of page