Sistem Ketarunaan Membentuk Karakter Lulusan Sesuai Dunia Kerja


Kabupaten Subang menyiapkan 5 titik kawasan industri untuk menunjang keberadaan Pelabuhan Patimban. Kelima titik tersebut berada di kecamatan Cibogo, Pagaden, Cipunegara, Purwadadi, dan Pabuaran.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang memiliki daya saing tinggi, maka perlu dilakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan vokasi di SMK.

Kegiatan Latihan Dasar Ketarunaan (LATDASTAR) bertujuan untuk membentuk shoft skill siswa yang sehat, jujur, disiplin, tanggung jawab dan memiliki budaya kerja industri, sistem ketarunaan merupakan pendidikan karakter yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila dan Jabar Masagi.

Menurut Wakil Kepala SMKN 2 Subang Bidang Hubungan Kerja Industri dan PPID, Dede Saryono., M.Pd., keberhasilan SMK Negeri 2 Subang dalam melaksanakan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan siswa dalam menempuh proses pembelajaran di sekolah dan performance lulusan setelah berada di dunia kerja.

SMKN 2 Subang dalam menyiapkan sumber daya manusia melalui program pendidikan yang mengusung konsep link and match antara sekolah dengan industri, bertujuan menghasilkan tenaga kerja terampil sekaligus memiliki karakter sesuai kebutuhan industri,” kata Dede.

Dede mengungkapkan, siswa dalam menempuh satu atau beberapa mata pelajaran dengan melaksanakan kegiatan di Teaching Factory sesuai kesepakatan antara sekolah dengan dunia kerja.

“Pembelajaran berbasis project di dalam seting Teacing Factory akan membentuk siswa untuk bertanggung jawab, kerja keras, disiplin, rajin, ulet, dan mau bekerja sama sesuai karakter budaya kerja,” katanya.

Latihan Dasar Ketarunaan memberi bekal shoft skill kepada siswa agar siap melaksanakan pembelajaran di teaching factory, PKL dan bekerja di industri atau berwirausaha,” lanjut Dede.

Meningkatkan mutu lulusan dilaksanakan dengan berkolaborasi antara sekolah dan industri, sebut Dede, di antaranya dalam kegiatan PKL, magang guru, teaching factory, kelas industri dan pemasaran tamatan.

“Pemasaran tamatan di SMK Negeri 2 Subang menunjukan 70 persen lulusan dapat diterima bekerja di dalam negeri dan luar negeri, maupun berwirausaha,” ujarnya.***

11 views0 comments