Pelantikan Taruna Angkatan XX, SMK Negeri 2 Subang Siap Jawab Permintaan Dunia Kerja


Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Subang menggelar prosesi Pelantikan Taruna Angkatan ke XX Tahun Ajaran 2021-2022 pada Senin, 31 Januari 2022 lalu.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Priyanto, SP., sebagai Pengawas Pembina SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sekaligus sebagai salah satu tokoh pencetus System Ketarunaan di SMKN 2 Subang.

Pada kesempatan tersebut, Priyanto juga melantik sebanyak 642 orang Taruna SMKN 2 Subang Angkatan ke-XX.

Rangkaian acara pelantikan berjalan dengan khidmat disaksikan oleh ratusan orang tua wali Taruna, pendidik SMKN 2 Subang, Kepala SMK dan Kepala SMP se-Kabupaten Subang, jajaran pemerintahan setempat, di antaranya Lurah Desa Dangdeur, Babinsa, Babinmas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid - 19.


Pelantikan Taruna SMKN 2 Subang juga dimeriahkan oleh penampilan Pedang Pora Taruna pelayaran, fashion show Taruni, tata busana, pasustar, paskibra dan marching band.

Bukan hanya tampilan hiburan dan “unjuk kabisa”, taruna dari SPW dan beberapa kompetensi keahlian SMKN 2 Subang pun mendirikan stand yang menyajikan berbagai produk olahan kreatif, dan mencoba peruntungan dengan berwirausaha.

Baca Juga: Cinta Tania Nuraeni Bercita-cita Ingin Menjadi Pembawa Baki Bendera di Istana Merdeka

Kepala SMK Negeri 2 Subang, Ramlis, S.TP., M.Si., mengatakan, Taruna yang sudah dilantik dipersiapkan untuk mengikuti pendidikan di SMKN 2 Subang.

“Mereka telah mempepoleh berbagai materi saat Latihan Dasar Ketarunaan (Latdastar) sebagai bekal untuk menghadapi tantangan kehidupan,” kata Ramlis baru-baru ini.

Menurut Ramlis, pendidikan selama Latdastar ini sebagai jawaban atas keinginan dari dunia usaha dan industri.

SMKN 2 Subang, jelas Ramlis, siap mencetak generasi yang berbadan sehat, kuat, jujur, disiplin, terampil dan menjawab kebutuhan pasar industri saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Hal tersebut sesuai dengan permintaan dari dunia usaha dan industri, tegas Ramlis, maka SMKN 2 Subang siap menjawab permintaan industri. Terbukti Taruna kelas XII sudah mulai dilirik oleh dunia industri. Ramlis menyebutkan, berbagai perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri datang ke SMKN 2 Subang untuk melakukan perekrutan tenaga kerja.

Ramlis berharap, lulusan SMKN 2 Subang dapat menangkap peluang sukses. “Taruna bukan hanya menjadi penonton, tapi harus menjadi pelaku dari pembangunan,” katanya.

“Saya berpesan untuk terus menjaga, memelihara serta mengamalkan janji ketarunaan, terutama sifat jujur dan disiplin. Karena sifat dan karakter tersebut bisa menggiring generasi emas Indonesia menjadi sukses,” lanjut Ramlis.

Ramlis berpesan, kepada seluruh orang tua wali untuk turut serta bersama mendidik putra-putrinya menjadi lebih baik, karena ilmu pengetahuan harus diimbangi dengan karakter moral serta sikap yang baik agar bisa mengimplementasikannya secara positif dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut Ramlis pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut hadir dan mensukseskan acara pelantikan TarunaSMKN 2 Subang.

6 views0 comments