Search

Kerjasama vegIMPACT Belanda dan SMKN 2 Subang Gelar Expo Teknologi Hortikultura


Sumber : kotasubang.com


Program kerjasama pengembangan hortikultura Indonesia – Belanda vegIMPACT NL dan SMK Negeri 2 Subang bekerja sama dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera, Sipindo Powered by SMARTseeds, dan IPB University mengadakan Gelar Teknologi Hortikultura dan Transfer Pengetahuan di kampus SMKN 2 Subang, jalan Dangdeur KM 5, Subang. Kegiatan Expo ini didukung oleh PT East West Seed Indonesia (EWINDO), produsen benih sayuran tropis hibrida yang dipasarkan dengan merek Cap Panah Merah serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Acara yang digelar tanggal 26-28 November 2019 ini dibuka secara resmi, Selasa (26/10/2019) ditandai dengan simbolis panen beragam komoditas hortikultura.


Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya atas digelarnya acara ini.


“Saya ucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak dalam mengembangkan pertanian di Kabupaten Subang salah satunya melalui kerjasama dengan SMKN 2 Subang. Apalagi Subang merupakan lumbung padi nasional, maka sarana penunjang untuk meningkatkan pertanian ini sangat diperlukan termasuk sumber daya manusianya,” ungkapnya.



Program Manager vegImpact NL Dr. Ir. Huib Hengsdijk dalam sambutannya mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi yang bersar untuk memproduksi sayuran sepanjang tahun, karenanya vegIMPACT NL memiliki tujuan membuat inovasi bidang pengembangan hortikultura, menambah pengetahuan praktis bagi petani hortikultura dan berkonstribusi dalam memperbaiki kurikulum pendidikan pertanian.

“Hari ini semua tujuan program tersebut dapat diwujudkan bersama berbagai pihak, sekolah dan swasta bekerjasama dalam mewujudkan dan mengimplementasikan inovasi terkini dan menyebarkannya kepada para petani,” ujarnya.


Sementara itu Ketua Yayasan Bina Tani Sejahtera, Dr. Edwin S. Saragih mengungkapkan expo ini diadakan untuk memberikan informasi atau transfer pengetahuan kepada petani mengenai praktek pertanian yang baik dan memotivasi mereka untuk menanam sayur dengan cara yang benar agar panen bagus.

“Di samping itu, karena diadakan di sekolah juga untuk mendorong petani muda potensial yaitu siswa SMK pertanian, terlibat aktif dalam pertanian, sehingga makin tertarik dan menjadikannya sebagai prospek mata pencaharian.” tuturnya.

Acara ini diikuti oleh sekitar 300 orang yang sebagian besar merupakan petani di sekitar Subang dan siswa SMK Negeri 2 Subang kelas XI dan XII jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Juga hadir para peneliti, pendidik, instansi pemerintah terkait, sektor swasta, asosiasi industri, organisasi internasional, dan petani muda. Para Kepala Sekolah SMP dan SMK di Subang, dunia usaha dan industri, serta lembaga penelitian yang memiliki kemitraan langsung dengan SMK Negeri 2 Subang juga terlihat di antara mereka yang datang.

Kegiatan ini mengambil tema Good Agricultural Practices sebagai Upaya Penguatan Program Link and Match SMK Bidang Pertanian. Tema yang diambil mencerminkan kolaborasi berbagai pihak dalam upaya mengembangkan pendidikan kejuruan bidang pertanian yang selaras dengan kompetensi kebutuhan pengguna lulusan (link and match), salah satunya melalui transfer pengetahuan praktek – praktek pertanian yang baik (Good Agricultural Practices) kepada para siswa; agar tercipta komitmen jangka panjang yang saling menguntungkan antara SMK dengan dunia usaha dan dunia industri.

0 views
  • White Instagram Icon

© Copyright 2018

Kontak Kami

Tel: (0260) 412565

Fax: (0260) 416468

Email

Yahoo : smkntwo@yahoo.com

Gmail :smknegeri2sbg@gmail.com

 

Alamat

Jln. Kapten Piere Tendean Km.5 Dangdeur Subang, Kabupaten Subang,

Jawa Barat, 41212