Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1439 H

Subang 13 April 2018 SMK Negeri 2 Subang memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1439 H dengan penceramah Bapak Ustad Ade Nurjaman, bertempat di aula SMKN 2 Subang.
Dalam ceramahnya Bapak Ustad Ade Nurjaman menyampaikan bahwa, Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad Sallallahu alaihi Wassalam (SAW), diambil dari dua buah kata yang penuh arti yaitu Isra yang berarti (perjalanan malam) dan Miraj yang berarti (naik ke langit) Perjalanan malam yang dimaksud adalah perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dari peristiwa Isra Miraj inilah umat Islam di seluruh dunia mengenal yang namanya sholat dan diwajibkan untuk melakukan sholat 5 waktu dalam sehari semalam.
Peristiwa Isra Miraj  terjadi tepat pada tahun 621 Masehi, tepatnya pada tanggal 27 Rajab (3 tahun sebelum hijrah). Nabi Muhammad SAW waktu itu sudah berumur 51 tahun dan peristiwa Isra Miraj terjadi saat tengah malam hingga subuh waktu Mekah. Peristiwa ini terjadi karena Nabi Muhammad SAW yang sedang dalam keadaan duka. Beliau telah ditinggal mati oleh dua orang yang dia cintai yaitu Khadijah sang istri dan Abu Thalib sang paman. Saat itu, Nabi Muhammad SAW mengalami duka yang sangat dalam sehingga untuk menghibur Nabi Muhammad SAW, Allah SWT mengajak Nabi Muhammad SAW ke suatu perjalanan hingga sampai ke Sidrotulmuntaha untuk bertemu dengan-Nya.
Diakhir ceramahnya Bapak Ustad Ade Nurjaman menyampaikan bahwa, peringatan Isra’ dapat diartikan bahwa, hubungan antara manusia dengan manusia seperti hubungan taruna antar taruna, taruni antar taruni, dan guru antar guru semakin erat dan kuat, juga terhadap orangtua terutama ibu yang telah melahirkan dan membesarkan kita hendaklah kita berbakti kepadanya. Sedangkan Mi’raj yaitu hubungan manusia dengan Allah SWTuntuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang hakiki.