STEMPERT READING CHALLENGE

(Salah Satu Upaya dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik)

Membaca merupakan merupakan keterampilan berbahasa.dan faktor yang penting dalam proses pembelajaran, karena dengan membaca peserta didik dapat menggali informasi. Membaca merupakan salah satu kegiatan dalam berliterasi.. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam memahami, menggali informasi dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah.
Tantangan yang dihadapi saat ini adalah masih rendahnya minat baca masyarakat Indonesia dan peserta didik pada khususnya. Jika dibandingkan oleh hasil penelitian yang dilakukan  OECD, Indonesia selalu menempati urutan paling bawah. Hal ini menjadi persoalan yang cukup serius bagi bangsa Indonesia, karena membaca merupakan dasar  untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pembentukan sikap peserta didik.
Permasalahan ini menuntut pemerintah untuk menciptakan strategi khusus untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik. Implementasi strategi tersebut yaitu dengan menciptakan Gerakan Literasi Sekolah yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Gerakan Literasi Sekolah ini mempunyai tujuan untuk membiasakan dan memotivasi peserta didik untuk mau membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti. Gerakan Literasi Sekolah memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015

Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMKN 2 Subang diawali dengan kegiatan membaca buku non akademis, selama 15 menit sebelum jam pertama dimulai. Selain kegiatan membaca ini, SMKN 2 Subang juga mengadakan lomba membaca yaitu “Stempert Reading challenge”. Lomba membaca ini dilaksakan setahun sekali , dan tahun ini memasuki tahun ketiga. Lomba dibagi dalam dua kategori yaitu :1 lomba membaca berbahasa Indonesia dan lomba membaca berbahasa Inggris.Setiap peserta tidak hanya diuji kemampuannya dalam membaca, tetapi harus bisa menceritakan kembali isi bacaan. Peserta adalah seluruh siswa/ taruna SMKN 2 Subang. Sedangkan penguji adalah seluruh guru bahasa Indonesia dan guru Bahasa Inggris. Setiap pemenang lomba akan mendapat hadiah berupa buku, uang pembinaan, piagam penghargaan dan pin pemenang yang berhak dipakai selama 1 tahun. Adapun pemenangnya adalah sebagai berikut:
A. Lomba membaca buku berbahasa Inggris:
1. Juara 1  :. Ane Lusyana Kelas XII TPHP
2. Juara 2 :.Adhitia A.F Kelas X TKRO
3. Juara 3 :Galih Alfiyatina Q XI Tabog.
B. Lomba membaca buku berbahasa Indonesia:
1. Juara 1 : Sobari Kelas XII APSDP
2. Juara 2 :Iik Sudarhana Kelas : XI RPL
3. Juara 3 :Rohaeni Kelas XI Tata Busana
Selamat kepada para Juara dan terima kasih kepada selurh pembimbing, Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Semoga Program ini dapat memotivasi peserta didik untuk lebih menyenangi membaca buku.